PERTEMUAN 12, PSIKOLOGI UMUM II THEORY OF PERSONLITY
TEORI KEPRIBADIAN
Teory of Personality
Kepribadian merupakan ciri-ciri watak seseorang individu yang konsisten,
yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khusus, yang dimaksudkan adalah
bahwa orang tersebut mempunyai beberapa ciri watak yang diperlihatkan secara
lahir, konsisten dan konsekuen dalam tingkah lakunya sehingga terlihat bahwa
individu tersebut memiliki identitas khusus yang berbeda dari individu-individu
lainnya.
Psychodynamic Perspective
Freud merupakan seorang
ahli besar pada abad ke 19 yang memiliki pengaruh pada proses perkembangan
ilmiah yang berorientasi pada bagaimana cara manusia memandang dunia dan
dirinya sendiri. Freud
percaya bahwa mind (pikiran) terdiri dari tiga bagian, yaitu preconscious,
conscious, unconscious minds. Unconscious minds (pikiran tak sadar)
yang menjadi pusat perhatian freud. Klasifikasi kehidupan alam mental yang
dibagi oleh Sigmund freud :
1.
Alam tak sadar (unconscious)
tempat terbentuknya atau timbulnya dorongan nafsu, ide yang tanpa disadari
berimplikasi terhadap perkata, perbuatan dan perasaan manusia
2.
Alam bawah sadar
(preconscious) tempat berkumpulnya semua elemen yang tak disadari namun dapat
muncul sebagai kesadaran dengan cepat atau agak sukar
3. Alam sadar (conscious) yang didefenisikan sebagai elemen mental yang selalu berada dalam kesadaran.
Teori kepribadian terdiri
dari tiga bagian, yaitu:
1. Id
adalah sepenuhnya tidak sadar, mencari kesenangan,
bagian moral dari kepribadian yang ada saat lahir, berisi semua dorongan
biologis dasar. Di mana id
menuntut sebuah kepuasan yang disegerakan dari kebutuhan dan keinginan.
Jika tidak terpenuhi akan dapat menimbulkan kecemasan dan
ketegangan. Contoh aplikatifnya yaitu seorang anak bayi yang sedang
haus akan terus menangis sebelum dia diberi asi oleh ibunya.
2. Ego
Ego merupakan komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk memenuhi keinginan id secara realitas objektif dan tepat secara sosial. Ketika tekanan kecemasan berkembang menjadi ketegangan yang berlebihan, maka ego dapat menempuh cara-cara yang ekstrem untuk mereduksi ketegangan.
3.Superego
Superego berkembang ketika anak usia prasekolah
mempelajari aturan, kebiasaan dan harapan masyarakat. Superego mengandung hati nurani, bagian dari
kepribadian yang membuat orang merasa bersalah, atau kecemasan moral, ketika
mereka melakukan hal yang salah.
Stages Of Personality Development
1. Oral Stage (Lahir – 18
bulan), pada
tahap ini sumber kenikmatan bayi yang melibatkan aktifitas berorientasi dengan
mulut, seperti menghisap, menelan.
2. Anal Stage (1-3 tahun), Fase ini dikaitkan
dengan tindakan menahan faeces pada seorang anak. Perlakuan ibu terhadap anak
apabila defekasi memiliki pengaruh pada pembentukan mental anak.
3. Phalic Stage (3 tahun s/d
6 tahun) pada
tahap ini anak menjadi lengket dengan orang tua dari jenis kelamin berlainan
dan kemudian mengidentifikasi dengan orang tua berjenis kelamin sama. Pada
tahap ini superego berkembang.
4. latensi Stage (5-12
tahun) Merupakan
periode di mana aktivitas libidinal pada seorang anak berkurang. Pada fase ini
pula akan terbentuk rasa malu dan aspirasi moral serta estetis.
5. Genital Stage (Pubertas
s/d kedewasaan), pada tahap ini kemunculan kembali dorongan seksual tahap phallic,
disalurkan kepada kematangan seksualitas masa dewasa.
Behavioral dan Perspektif Kognitif Sosial
1. Behaviorist
Behaviorisme merupakan satu dari sekian banyak aliran yang berkembang dalam psikologi. Behaviorisme terfokus kepada proses pembelajaran dan perilaku manusia terhadap stimulus sehingga menghasilkan sebuah respons. Teori ini berasumsi bahwa tingkah laku diatur sepenuhnya oleh aturan, dapat diramalkan dan dapat ditentukan. Teori ini mengatakan bahwa individu dapat menunjukkan sebuah perilaku apabila telah mempelajari atau mendapatkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Pendekatan behaviorisme bersifat objektif karena lebih mengutamakan pengamatan perilaku dalam mempelajari individu daripada bagian dalam tubuh individu. Tokoh yang paling terkenal dalam aliran ini adalah B.F Skinner. Ia merupakan orang yang memperkenalkan teori belajar analisis perilaku.
2. Cognitive Social Perspective
Perspektif kognitif sosial merupakan salah satu teori psikologi yang dikembangkan oleh Albert Bandura. Albert Bandura lahir di Canada pada tahun 1925. Albert Bandura sangat terkenal dengan teori pembelajaran sosialnya yang mana menekankan pada komponen kognitif dari fikiran, pemahaman dan evaluasi. Salah satu eksperimennya yang terkenal adalah eksperimen bobo-doll yang menunjukkan anak-anak meniru seperti perilaku agresif dari orang dewasa di sekitarnya. Menurut Bandura, pembelajaran tidak hanya berasal dari pengalaman saja tetapi juga mencontoh. Bandura juga mengatakan bahwa belajar mencontoh bukan berarti kepribadian dan perilaku individu hanya diatur oleh lingkungan saja akan tetapi individu tersebut juga dapat berpikir mempengaruhi kepribadiannya sendiri.
Kognitif Humanisme Dalam Memandang Kepribadian
Carl Rogers And Self-Concept
Baik Maslow dan Rogers
(1961) percaya bahwa manusia selalu berusaha untuk memenuhi kapasitas dan
kemampuan bawaan mereka dan untuk menjadi segala sesuatu yang memungkinkan
potensi genetik mereka untuk menjadi. Perjuangan untuk pemenuhan ini disebut
kecenderungan aktualisasi diri. Alat penting dalam aktualisasi diri manusia adalah pengembangan citra
diri, atau konsep diri. Konsep diri didasarkan pada apa yang dikatakan orang
oleh orang lain dan bagaimana perasaan diri tercermin dalam perkataan dan
tindakan orang-orang penting dalam kehidupan seseorang, seperti orang tua,
saudara, rekan kerja, teman, dan guru.
Teori Kepribadian Abraham Maslow
Abraham Maslow merupakan
tokoh aliran humanistik yang lahir pada 8 Juni 1970. Ia terkenal dengan “the
hierarchy of needs” yang telah ia kemukakan. Pada hirarki ini terdapat
tingkatan-tingkatan yang harus terpenuhi dalam diri seorang individu.
Trait Theories
Menurut Ciccarelli dkk
(2011), Trait theories
atau teori sifat merupakan sebuah teori yang digunakan untuk menggambarkan
karakteristik dan kepribadian yang membentuk seseorang. Teori sifat ini
mengklasifikasikan manusia ke dalam karakteristik atau sifat dengan cara
melihat cirinya yang paling menonjol. Sifat atau trait adalah karakteristik psikologi yang khusus, yang
didefinisikan sebagai “Setiap cara yang membedakan dan relatif abadi di mana
setiap individu berbeda dari yang lain”. (Schiffman dan Kanuk, 2010).
Definisi lain adalah “Sebuah sifat (ciri) adalah karakteristik dimana satu
orang berbeda dari yang lain dengan cara yang relatif permanen dan konsisten”.
(Mowen dan Minor, 1998). Berdasarkan dari definisi-definisi di atas, dapat
disimpulkan bahwa trait adalah sifat atau karakteristik yang membedakan satu
individu dengan individu yang lain, yang bersifat permanen dan konsisten. Teori
sifat terutama tertarik dalam pengukuran sifat, yang dapat didefinisikan
sebagai pola kebiasaan perilaku, pikiran, dan emosi. Menurut perspektif ini,
sifat-sifat yang relatif stabil dari waktu ke waktu, berbeda di seluruh
individu dan pengaruh perilaku.
Allport
Salah satu upaya paling
awal untuk membuat daftar dan mendeskripsikan sifat-sifat yang membentuk
kepribadian dapat ditemukan dalam karya Gordon Allport (Allport & Odbert,
1936). Allport dan koleganya H. S. Odbert secara harfiah memindai kamus untuk
kata-kata yang mungkin merupakan sifat, menemukan sekitar 18.000, kemudian
memilahnya menjadi 200 sifat setelah menghilangkan sinonim. Allport percaya
(tanpa bukti ilmiah, bagaimanapun) bahwa ciri-ciri ini secara harfiah terhubung
ke dalam sistem saraf untuk memandu perilaku seseorang di berbagai situasi yang
berbeda dan bahwa "konstelasi" ciri-ciri setiap orang adalah unik.
(Terlepas dari kurangnya bukti Allport, ahli genetika perilaku telah menemukan
dukungan untuk heritabilitas ciri-ciri kepribadian.
Cattell Dan 16pf
Dua ratus ciri masih
merupakan jumlah yang sangat besar. Bagaimana pemberi kerja dapat menilai
kepribadian calon karyawan dengan melihat daftar 200 sifat? Diperlukan cara
yang lebih kompak untuk menggambarkan kepribadian. Raymond Cattell (1990)
mendefinisikan dua jenis sifat sebagai sifat permukaan dan sifat sumber.
Ciri-ciri permukaan seperti yang ditemukan oleh Allport, mewakili ciri-ciri
kepribadian yang mudah dilihat oleh orang lain. Sifat sumber adalah sifat yang
lebih mendasar yang mendasari sifat permukaan. Misalnya, sifat pemalu, pendiam,
dan tidak menyukai orang banyak mungkin semua merupakan sifat permukaan yang
terkait dengan sifat sumber introversi yang lebih mendasar, kecenderungan untuk
menarik diri dari rangsangan yang berlebihan. Sifat sumber ini dilihat sebagai
dimensi sifat, atau kontinum, di mana terdapat dua sifat berlawanan di setiap
ujung dengan kisaran derajat yang mungkin untuk setiap sifat yang dapat diukur
sepanjang dimensi.
The Big Five: Ocean, Or The Five-Factor Model Of Personality
Enam belas faktor masih
cukup banyak untuk dibicarakan ketika berbicara tentang kepribadian seseorang.
Peneliti selanjutnya berusaha untuk mengurangi jumlah dimensi sifat ke jumlah
yang lebih dapat dikelola, dengan beberapa kelompok peneliti sampai pada kurang
lebih lima dimensi sifat yang sama (Botwin & Buss, 1989; Jang et al., 1998;
McCrae & Costa, 1996 ). Kelima dimensi ini telah dikenal sebagai the big
five model dan mewakili deskripsi inti kepribadian manusia dan satu-satunya
dimensi yang diperlukan untuk memahami apa yang membuat kita bergerak.
a.
Openness (O)
Digambarkan sebagai kesediaan seseorang untuk mencoba hal-hal baru dan
terbuka terhadap pengalaman baru. Orang yang mencoba mempertahankan status quo dan
tidak suka mengubah sesuatu akan mendapat skor rendah pada keterbukaan
b. Conscientiousness (C)
mengacu pada organisasi dan motivasi seseorang, dengan orang-orang yang
mendapat skor tinggi dalam dimensi ini adalah mereka yang berhati- hati dalam
menentukan tempat tepat waktu dan juga berhati-hati dengan harta benda. Seseorang yang mendapat
nilai rendah pada dimensi ini,
contoh aplikatifnya yaitu, mungkin selalu terlambat ke acara sosial
penting atau meminjam barang dan gagal mengembalikannya atau mengembalikannya
dalam kondisi buruk.
c.
Extraversion (E)
adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Carl Jung (1933), yang
percaya bahwa semua orang dapat dibagi menjadi dua tipe kepribadian: ekstravert
dan introvert. Orang ekstrovert adalah orang yang
supel dan mudah bergaul, sedangkan introvert lebih menyendiri dan tidak suka
menjadi pusat perhatian.
d. Agreeableness (A)
mengacu
pada gaya emosional dasar seseorang, yang mungkin santai, ramah, dan
menyenangkan (pada skala yang paling tinggi) atau pemarah, pemarah, dan sulit
untuk diajak bergaul (di kelas bawah).
e.
Neuroticism (N)
mengacu pada ketidakstabilan atau stabilitas emosional. Orang yang terlalu cemas, cemas, dan murung akan
mendapat skor tinggi pada dimensi ini, sedangkan mereka yang lebih tenang dan
tenang akan mendapat skor rendah .
The Biology of Personality: Behavioral Genetics
Faktor biologis kepribadian merupakan faktor yang mengarah kepada
hal-hal yang bersifat genetik. Genetika perilaku merupakan bidang studi yang dikhususkan untuk
menemukan basis genetik untuk karakteristik kepribadian. Faktor biologis ini
menjelaskan bahwa kepribadian individu bisa terbentuk karena masalah genetik.
contoh aplikatifnya yaitu orang tua dengan kecenderungan kepribadian
ekstrovert, maka anaknya pun akan mengalami kecenderungan kepribadian yang
ekstrovert juga.
Studi Kembar
Kembar identik berbagi
100 persen materi genetik mereka, berasal dari satu sel telur yang telah
dibuahi, sedangkan kembar fraternal hanya berbagi sekitar 50 persen materi
genetik mereka, seperti pasangan saudara kandung lainnya. Dengan membandingkan kembar identik dengan
kembar fraternal, terutama jika ditemukan anak kembar yang tidak dibesarkan di
lingkungan yang sama, peneliti dapat mulai menemukan bukti kemungkinan pengaruh
genetik pada berbagai sifat, termasuk kepribadian. Hasil studi kembar Minnesota telah
mengungkapkan bahwa kembar identik lebih mirip daripada kembar fraternal atau
orang yang tidak terkait dalam kecerdasan, kemampuan kepemimpinan,
kecenderungan untuk mengikuti aturan, dan kecenderungan untuk menjunjung tinggi
ekspektasi budaya tradisional (Bouchard, 1997; Finkel & McGue,
1997). Mereka juga lebih mirip dalam hal pengasuhan, empati, ketegasan (Neale
et al., 1986);dan agresivitas (Miles & Carey, 1997). Kesamaan ini berlaku
bahkan jika si kembar dibesarkan di lingkungan yang terpisah.
Studi Adopsi
Studi adopsi merupakan
salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tentang genetika
perilaku. Studi adopsi ini
dilakukan dengan membandingkan anak-anak adopsi dengan orang tua dan saudara
kandung angkat dan jika memungkinkan kepada orang tua kandung mereka.
Berdasarkan studi adopsi yang telah dilakukan, studi adopsi telah
mengkonfirmasi tentang studi kembar yang menyatakan bahwa genetik membawa
pengaruh besar untuk perkembangan kepribadian, terlepas mereka tinggal di
lingkungan yang sama atau berbeda. (Hershberger et al., 1995; Loehlin et
al., 1985; Loehlin dkk 1998).
Assessment of Personality
Pengukuran kepribadian sering kali dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Seperti sebuah kelompok di mana orangnya sebagai anggotanya,
misalkan Orang jawa halus, Orang Medan keras, dan sebagainya. Namun tidak hanya itu
saja manusia cenderung menilai orang dari hal yang disukai dan tidak disukai.
Pengukuran kepribadian terdapat 3 metode, yaitu :
a.
Metode Observasi
Dengan metode ini informasi
bisa dicatat pada suatu bagan yang sudah dibakukan, seperti pada rating
scale (skala rating). Menggunakan skala rating ini, Penilaian dapat
dilakukan secara sistematis. Selain itu, saat interview (wawancara)
terstruktur, alat pencatat seperti tape recorder atau peralatan pembantu lain
akan sangat membantu.
b.
Metode Inventori
Dengan metode ini
mengandalkan hasil dari observasi tadi. Pada suatu inventori berisikan
pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan-pernyataan yang diisi oleh subjek
berdasarkan ciri-cirinya. Alat yang dapat digunakan yaitu MMPI (Minesota
Multiphasic Personality Inventory)dan CPI (California Psychological Inventory).
Contoh inventori digunakan di
Indonesia adalah EPPS (Edwards Personal Preference Schedule).
c.
Teknik Proyektif
Teknik ini digunakan
untuk mengukur kepribadian dengan asumsi dasarnya untuk mendapatkan gambaran
tentang seseorang diperlukan kebebasan untuk mengekspresikan diri. Teknik ini
menggunakan tes proyektif yang berupa berbentuk gambar yang ambigu. Saat
berhadapan dalam hal ini, individu dapat dengan bebas untuk menafsirkan sesuka
hati individu. Kemudian di dalam Teknik juga juga terdapat tes Rorschach. Tes
ini memiliki sebuah rangsangan yang taraf ambiguitas yang begitu tinggi. Tes
ini cukup terkenal di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar