PERTEMUAN 10 PSIKOLOGI UMUM II, PSIKOLOGI SOSIAL

 


PSIKOLOGI SOSIAL

 


PENGARUH SOSIAL (SOCIAL INFLUENCE)

Social influence (pengaruh sosial) adalah bentuk interaksi secara langsung ataupun tidak langsung yang mempengaruhi perilaku, perasaan, dan pemikiran masing-masing individu. Seorang individu akan melakukan sesuatu yang diinginkan orang lain bahkan tak jarang berlawanan  dengan keinginan dirinya sendiri. Hubungan sosial tak hanya terjadi antar keluarga, tetapi juga terjadi antar individu dewasa di berbagai tempat, situasi, dan kondisi. Misalnya, hubungan yang  terjadi di tempat kerja antara atasan dengan bawahan dalam situasi bawahan yang  meyakinkan atasan atas suatu projek yang akhirnya disetujui. Hal ini menunjukkan  bahwa suatu individu memiliki kemampuan untuk meyakini dan diyakini, menerima  dan diterima, mempengaruhi dan dipengaruhi (Ciccarelli & White, 2013).

Conformity (Konformitas)

sc: Google

Konformitas merupakan suatu usaha untuk mengubah perilaku seseorang menjadi lebih cocok dengan perilaku atau tindakan orang lain. Konformitas adalah perubahan pilihan, perilaku, ataupun tindakan karena mengikuti pilihan atau perilaku orang lain ataupun standar yang  berlaku (Ciccarelli & White, 2006). 

Penelitian mengenai konformitas dengan gender sebagai pengaruhnya menghasilkan kesimpulan bahwa konformitas untuk wanita lebih kecil daripada untuk pria. Akan tetapi, hal sebaliknya terjadi apabila diberikannya tanggapan publik (Eagly, 1987; Eagly et.al., 2000; Eagly & Charly, 2007). Hal ini disebabkan oleh sosialisasi yang dilakukan oleh wanita bersifat lebih menyenangkan dan mendukung (Ciccarelli & White, 2013). Salah satu faktor penyebab seseorang merasa perlu untuk menyesuaikan diri adalah pengaruh sosial normatif, kebutuhan untuk bertindak dengan cara yang kita rasa akan membuat kita disukai dan diterima oleh orang lain. 

Contoh aplikatifnya yaitu saya dulu adalah siswa yang malas menggunakan baju syari jika tidak ke sekolah, tetapi karena mostly teman saya adalah anak dari mtsn maka saya ikut-ikutan mengenakan baju syar’i

Kesepakatan (Compliance)

sc: google

Kesepakatan terjadi ketika seseorang melakukan suatu hal yang diperintahkan oleh orang lain di mana orang yang memberi perintah tersebut  tidak memiliki hak atau wewenang dalam memberikan perintah (Ciccarelli &  White, 2006).

Contoh aplikatifnya yaitu ketika saya diminta untuk menjadi speakers di acar BIMBA 2023 dan panitia BIMBA tidak berhak menyuruh-nyuruh saya untuk melakukan hal lain diluar kesepakatan.

Obedience

sc: blogspot.com

Obedience adalah suatu bentuk kepatuhan (pengubahan perilaku) karena suatu perintah langsung dari otoritas yang berwenang. Ada perbedaan antara konsep kepatuhan, yaitu setuju  untuk mengubah perilaku karena orang lain meminta perubahan, dan mengubah perilaku  seseorang atas perintah langsung dari figur otoritas. Figur otoritas adalah orang dengan  kekuatan sosial seperti polisi, guru, atau supervisor kerja yang memiliki hak untuk menuntut  perilaku tertentu dari orang-orang yang berada di bawah komando atau pengawasannya. 

Contoh aplikatifnya yaitu ketika saya disuruh pergi narik uang ke ATM oleh ibu saya


KOGNISI SOSIAL (SOCIAL COGNITION)

Pada kognisi sosial atau social cognition kita akan mempelajari bagaimana cara pandang kita terhadap orang lain yang nantinya membentuk kesan pertama dan  bagaimana kognisi tersebut akan mempengaruhi tindakan dari orang tersebut. Kognisi  sosial ini akan dibagi menjadi 3 pembahasan, yaitu : 

1. Attitudes (Sikap)

sc: google

Secara sederhana, attitudes adalah suatu sikap di mana kita dapat menilai suatu objek, orang, keadaan, atau ide-ide orang lain secara subjektif yang kemudian  dikelompokkan menjadi positif dan negatif ( Triandis, 1971). Pembentukan sikap  yang seperti ini tidak terbentuk dengan sendirinya, tapi melalui proses pembelajaran melalui pengalaman yang didapat dan juga faktor dari berinteraksi dengan orang lain  baik secara langsung maupun tidak langsung.  

The ABC Model of Attitudes :

1) Affective Component

Komponen afektif adalah suatu komponen emosional atau perasaan seseorang terhadap ide, objek, dan keadaan tertentu

Contoh aplikatifnya saya  yang menyukai  cabang olahraga e-sport mobile legend karena merasa mudah dilakukan dan banyak manfaat  psikologis. 

2) Behavior Component

Komponen perilaku adalah suatu tindakan atau perilaku seseorang terhadap ide, orang, atau keadaan tertentu

Contohnya saya yang menyukai e-sport mobile legend akan mempunyai handphone sendiri, menonton tournament MPL atau M4 yang  ditayangkan di TV, mengumpulkan informasi seputar tim ML yang terbaik saat ini, dan pergi ke tempat pertandingan diadakan.

3.Cognitive Component

Komponen kognitif adalah bagaimana cara pikir seseorang terhadap dirinya, ide, atau situasi tertentu.

Contohnya seseorang yang menyukai E-sport akan  beranggapan olahraga ini lebih banyak keunggulannya dibanding olahraga lain.

2. Impression Formation (Pembentukan Kesan)

Pembentukan kesan biasanya terjadi ketika kita baru pertama kali bertemu dengan seseorang. Biasanya orang akan mengumpulkan informasi dan pengetahuan apa saja yang bisa didapatkannya dengan memprediksi apa saja yang tampak, yang  sering kali hanya berdasarkan pada aspek fisik saja. 

1.Social Categorization

Kategori sosial adalah proses yang terjadi jika seseorang bertemu dengan orang baru yang ditugaskan ke beberapa kelompok tertentu yang didasarkan pada aspek yang sama pada pengalaman yang dimilikinya. Biasanya kategori sosial ini  terbentuk dengan sendirinya atau secara alamiah namun hal itu terkadang dapat menimbulkan masalah. Menggunakan pemikiran yang dangkal dalam kategori sosial  

ini dapat memunculkan stereotip yang bermakna negatif sehingga orang lain menjadi salah menilai dan memperlakukan mereka dengan cara yang berbeda. Jadi, untuk menghindari terjadinya stereotip negatif terhadap seseorang solusinya adalah dengan menyadari stereotip yang ada dan menerapkan pemikiran kritis, sehingga tidak asal  mengambil kesimpulan.  

2.Implicit Personality Theories

Menempatkan seseorang pada kategori tertentu seperti jenis orang, kepribadian, dan lainnya. Misalnya, teori kepribadian implisit yang menyatakan  bahwa orang yang bahagia adalah orang yang ramah dan orang yang pendiam adalah  orang pemalu. Namun, anggapan seperti ini belum tentu benar, tapi akan membatu dalam membentuk skema mental tipe tertentu. Alat untuk mengukur sikap impilisit yang membentuk teori kepribadian implisit adalah Tes Asosiasi Implisit (IAT) yang  dilakukan oleh komputer dengan mengukur tingkat hubungan antara pasangan konsep  tertentu.

3. Attribution (Attribusi)

Atribusi adalah suatu proses yang menjelaskan bagaimana perilaku seseorang dan bagaimana pula perilaku orang lain. Awalnya teori atribusi ini dikembangkan  oleh psikolog sosial Fritz Heider (1958) yang menjelaskan mengapa seseorang memilih menjelaskan perilaku yang dilakukannya. Pada dasarnya ada dua faktor yang terlibat yaitu eksternal dan internal. Jika faktornya berasal dari sumber eksternal  seperti cuaca, lalu lintas, maka disebut sebagai penyebab situasional (situational cause). Sebaliknya, jika berasal dari faktor internal seperti rasa malas dan ceroboh maka  disebut penyebab dispoposional (dispositional cause). 

Fundamental Attribution Error Merupakan kecendrungan seseorang mengamati perilaku orang lain dengan melebih-lebihkan faktor internal dan meremehkan pengaruh situasi. Berikut ada  beberapa strategi untuk mengurani kesalahan dalam penilaian terhadap orang lain : 

a.      Perhatikan berapa banyak orang yang melakukan hal yang sama, jika banyak orang yang melakukannya maka kemungkinan ada faktor luar yang  mempengaruhinnya. 

b.     Pikirkan apa yang akan dilakukan jika kita meghadapi kondisi yang sama.

 

INTERAKSI SOSIAL (SOCIAL INTERACTION)

Interaksi sosial merupakan hubungan yang terjalin di antara manusia baik dengan menggunakan bahasa lisan maupun bahasa isyarat (Sudarianto, 2010). Sehingga terbentuklah proses sosial, di mana proses ini akan saling mengikat dan  mempengaruhi antara manusia. Interaksi sosial terbentuk melalui kontak sosial. Interaksi ini bukan hanya tentang interaksi dalam segi positif tetapi juga dalam segi  negatif, seperti prasangka dan diskriminasi, menyukai dan mencintai, dan agresi dan perilaku prososial. 

Prasangka dan Diskriminatif 

sc: blogspot.com

Dalam sebuah kelompok sosial, di mana salah satu dari anggotanya memiliki stereotip atau persepsi terhadap anggota kelompok lainnya sehingga terjadilah  prasangka (Cicarrelli & White, 2013). Ketika prasangka menyebabkan perbedaan  perlakuan terhadap anggota kelompok tersebut maka akan terbentuk diskriminasi.  

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prasangka merupakan sikap yang kemudian individu bertindak sesuai dengan sikap tersebut terbentuklah perilaku  diskriminasi

a) Jenis Prasangka dan Diskriminasi

1.     Teori prasangka konflik realistis menyatakan bahwa prasangka dapat meningkat diskriminasi yang berkaitan erat dengan konflik antara kelompok dalam dan kelompok luar (Horowitz, 1985; Taylor & Moghaddam, 1994). sehingga prasangka dapat berkembang seperti ageism, atau sikap prasangka terhadap orang tua atau remaja (antara lain); seksisme; rasisme, atau prasangka terhadap orang-orang dari kelompok etnis yang berbeda; prasangka terhadap mereka yang berbeda agama, mereka yang berbeda tingkat ekonomi, mereka yang kelebihan berat badan, mereka yang terlalu kurus, dan sebagainya. 

2.     Scapegoating, Konflik antar kelompok biasanya lebih besar ketika ada tekanan-tekanan lain yang sedang terjadi, seperti perang, kesulitan ekonomi, atau kemalangan lainnya (Cicarrelli & White, 2013). Ketika tekanan seperti itu terjadi, kebutuhan untuk menemukan kambing hitam menjadi lebih kuat. Hal ini demi kepuasan sebagai target frustrasi dan emosi negatif anggota kelompok.

Mempelajari Prasangka

Dalam teori kognitif sosial, prasangka dipandang sebagai sikap yang terbentuk saat sikap lain dibentuk, melalui instruksi langsung, pemodelan, dan pengaruh  sosial lainnya dalam pembelajaran. Selain itu ada beberapa cara untuk  mempelajari prasangka (Cicarrelli & White, 2013), yaitu: 

1. Teori Identitas Sosial

Pembentukan identitas seseorang terjadi dalam 3 proses yang akan mempengaruhi sikap, konsep, dan perilaku seseorang dalam kelompok sosial (Tajfel & Turner, 1986).  

a.      Kategori sosial

Seperti halnya individu yang menetapkan kategori untuk orang lain, begitu juga dengan kategori sosial yang ditetapkan dalam kelompok sosial.  

b.     Identifikasi

Merupakan suatu pandangan terhadap diri sendiri dalam konsep diri sebagai anggota kelompok sosial.  

c.   Perbandingan sosial

Ini merupakan bentuk perbandingan diri sendiri dengan orang lain namun tetap dilebihkan terhadap diri sendiri (Festinger, 1954).

Contoh aplikatifnya yaitu aku dan indah adalah teman se sirkel kami sering belajar bareng, tetapi lebih pinter dan lebih tinggi IP aku, karena aku orangnya tepat jadwal ketika mengumpulkan tugas dan lebih ambis.

2. Kerentanan Stereotipe

Stereotip merupakan suatu bentuk dari persepsi terhadap orang lain yang tidak seimbang (Murdianto, 2018). Dengan begitu stereotip akan mempengaruhi cara pandang orang terhadap orang lain baik dari segi positif maupun negatif. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika orang menyadari stereotip yang biasanya diterapkan pada kelompok mereka sendiri oleh orang lain, mereka mungkin merasa cemas untuk berperilaku dengan cara yang mungkin mendukung stereotip tersebut. Ketakutan ini menghasilkan kecemasan dan kesadaran diri yang berdampak negatif pada kinerja mereka. 

Kerentanan stereotip sangat terkait dengan ancaman stereotip, anggota kelompok yang distereotip akan menjadi waspada dalam bertindak terhadap situasi apa pun karena perilaku dan tanggapan terhadap suatu hal akan mengkonfirmasi atau bisa membenarkan stereotip tersebut (Cicarrelli & White, 2013).

Mengatasi Prasangka

Prasangka dapat diatasi dengan mempelajari dan memberi pemahaman tentang perilaku individu (Cicarrelli & White, 2013). seseorang yang terbiasa dengan pergaulan kontak langsung antar individu akan memudahkan dalam mengatasi prasangka. Hal ini dikarenakan keterbukaan dan pengertian sehingga  stereotip yang menimbulkan prasangka bisa di minimalisir.  Kontak status yang tidak sama antara kelompok sosial ataupun antara anggota kelompok bisa berdampak tidak baik bagi kelompok atau anggota tersebut  (Cicarrelli & White, 2013). Di mana ketika antarkelompok berinteraksi dalam  suatu kompetitif yang bertujuan untuk membentuk kerja sama tim. Tetapi lain hal  yang terjadi, kelompok tersebut akan bermusuhan dan bertengkar dengan kelompok lain.  Namun, jika antarkelompok di perlakukan sama atau kontak status yang setara  maka hasilnya akan membuat antarkelompok bisa menerima satu sama lain. Hal ini telah terbukti mengurangi prasangka dan diskriminasi. Tampaknya  keterlibatan pribadi dengan orang-orang dari kelompok lain harus kooperatif dan  terjadi ketika semua kelompok setara dalam hal kekuasaan atau status untuk memiliki efek positif dalam mengurangi prasangka (Pettigrew & Tropp, 2000;  Robinson & Preston, 1976).

LIKING AND LOVING

Ada beberapa faktor yang membuat orang tertarik kepada orang lain seperti fisik maupun kepribadian. Kecantikan fisik menjadi salah satu faktor utama dalam pendekatan awal, walaupun ada faktor lain yang lebih penting di tahap akhir hubungan. Ciccarelli & White (2012) mengemukakan kemungkinan orang untuk menjalin hubungan semakin besar ketika orang semakin dekat secara fisik. Kedekatan biasanya terbentuk karena adanya kedekatan secara fisik, orang lebih memilih dekat dengan orang-orang yang tersedia di dekatnya. Namun kedekatan tidak menjamin ketertarikan, orang lebih tertarik dengan orang lain yang serupa baik dari sifat, hobi, maupun keyakinan. Menurut Sternberg, cinta terdiri dari 3 komponen dasar: keintiman, gairah, dan komitmen. Keintiman yang dimaksud adalah perasaan dekat seseorang dengan orang lain, dekat yang dimaksud adalah secara psikologis bukan fisik. Gairah mengacu pada gairah emosional dan seksual yang dirasakan seseorang dengan orang lain. Sedangkan komitmen adalah keputusan yang dibuat seseorang tentang suatu hubungan.

Dari 3 komponen dasar cinta membentuk 7 macam cinta. Ketika dalam suatu hubungan memiliki kedekatan dan komitmen maka menjadi cinta pendamping, ketika dalam suatu hubungan memiliki gairah dan kedekatan maka menjadi cinta yang romantis, ketika dalam suatu hubungan memiliki gairah dan komitmen menjadi cinta yang bodoh, namun ketika dalam suatu hubungan memiliki kedekatan, gairah, dan komitmen maka akan menjadi cinta yang sempurna.


AGGRESSION AND PROSOCIAL BEHAVIOR

Agresi adalah tindakan menyakiti atau melukai orang lain, baik berupa kata-kata ataupun tindakan. Frustasi karena dicegah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan menjadi salah satu penyebab munculnya tindakan agresi. 

a.      Pengaruh Biologi dan Pembelajaran terhadap Agresi

Ada banyak bukti pengaruh biologi terhadap tindakan agresi, contohnya kaitan antara testosteron dengan tingkat agresi pada pria. Ini dapat menjelaskan mengapa penjahat biasanya muda, laki-laki, dan berotot. Begitu juga dengan alkohol, secara biologis alkohol juga mempengaruhi neurotransmitter dan juga penurunan serotonin sehingga orang yang mengonsumsi cenderung tidak mengontrol perilaku mereka.

b.     Kekuatan Peran Sosial

Selain frustasi, biologi, dan juga bahan kimia ternyata ada faktor lain yang mempengaruhi agresi. Agresi juga dipengaruhi oleh peran sosial yang di emban oleh masing-masing individu. 

Contoh aplikatifnya pejabat Lampung yang ketika memberikan janji-janji politik untuk memperbaiki infrastruktur Lampung dihadapan masyarakat, ketika berada ditengah-tengah masyarakat pejabat tersebut manis mulut, tetapi ketika berada di kantornya, tingkat agresifnya meningkat, ini dibuktikan dengan pribadinya yang anti kritik dan menyuruh tim hukum gubernur lampung untuk melaporkan kasus tersebut. 

c.      Perilaku Proposial 

Salah satu perilaku proposial yang disukai orang-orang adalah altruism, yaitu tindakan membantu seseorang tanpa mengharapkan imbalan dan terkadang tanpa rasa takut akan keselamatan diri sendiri. Sebelum membantu orang lain tentunya orang tersebut perlu mengamati terlebih dahulu. Ada sebuah teori yang dinamakan efek pengamat yaitu kemungkinan pengamat untuk membantu orang lain semakin kecil ketika jumlah pengamat semakin banyak. Ketika terjadi sebuah peristiwa dan hanya ada satu pengamat di sana, tentunya sang pengamat tersebut akan langsung menolong.

Terdapat beberapa faktor pendorong perilaku prososial, yaitu :

1.     Situasi

Terdapat korelasi negatif antara pemberian pertolongan dan jumlah pengamat, semakin banyak pengamat, semakin kecil keinginan untuk menolong. Selain pengaruh kehadiran orang lain, ketika melihat orang lain memberikan pertolongan, maka juga akan hadir dorongan untuk memberikan pertolongan. Desakan waktu dan kemampuan yang dimiliki juga menjadi faktor pendorong prososial. 

2.     Penolong

Faktor kepribadian berpengaruh terhadap keinginan untuk menolong. 

Contoh aplikatifnya orang dengan kepribadian yang hanya akan menolong ketika ada orang lain yang melihatnya. Faktor lainnya adalah mood para penolong. Orang dengan suasana hati yang baik umumnya  lebih mungkin membantu daripada orang yang memiliki suasana hati yang buruk. 

3.     Penerima pertolongan

Jenis kelamin korban juga menjadi faktor, jika pengamat adalah laki-laki, perempuan lebih cenderung ditolong laki-laki, namun akan berbeda jika pengamatnya adalah perempuan. Orang yang menarik secara fisik lebih mungkin untuk mendapat bantuan. Korban yang  terlihat seperti “itu pantas mereka dapatkan: juga kecil kemungkinannya untuk mendapat  bantuan.

 baiklah sekian dari paruq semoga bermanfaat #StayHealthy💖💖


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTEMUAN 14, PSIKOLOGI UMUM II, PSYCHOLOGYCAL TERAPHY